Sejarah

By admin 07 Apr 2014, 13:10:57 WIB

Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Dalam rangka mewujudkan tujuan tersebut, maka terselenggara lembaga pendidikan tinggi baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

Sekolah Tinggi Agama Islam Sayid Sabiq Indramayu, yang berada dibawah naungan Departemen Agama sejak didirikan sampai perkembangannya sekarang, merupakan hasil perjuangan yang sudah lama dirintis oleh para tokoh umat islam. Maksud dan tujuannya adalah  membentuk sarjana muslim yang mempunyai keahlian dalam bidang agama islam, berakhlak mulia, cakap dan mempunyai kesadaran, bertanggung jawab atas kesejahteraan umat masa depan dan negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain bertujuan untuk menyiapkan tenaga ahli agama yang terampil dan profesional dalam bidang pendidikan.  

Pada awal didirikannya, yaitu 4 April 2001 berdasarkan keputusan Menteri Agama RI Nomor : E/57/2001, dengan dua jurusan yaitu jurusan Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi Syari`ah Konsentrasi Perbankan Syari`ah. Dan SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor : Dj. I/1470/2011 tahun 2011 tentang perpanjangan penyelenggaraan Pendidikan Agama Islam. SK Dirjen Pendidikan Islam Nomor : Dj.I/1874/2011 tentang Izin pembukaan program studi Pendidikan Bahasa Arab.