Enter your keyword

Sejarah Kampus

Sekolah Tinggi Agarna Islam (STAI) Sayid Sabiq lndramayu adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Agama yang didirikan dan dikembangkan oleh masyarakat. Sejak didirikan sampai perkembangannya sekarang ini merupakan hasil perjuangan yang sudah lama dirintis oleh para tokoh umat Islam. Dengan digulirkannya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan Pendidikan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS), menjadi peluang bagi didirikannya STAI Sayid Sabiq Indramayu, yang mulai dirintis pendiriannya sejak tahun 1997 oleh Yayasan Sayid Sabiq Indramayu. Secara hukum STAI didirikan berdasarkan SK Yayasan Sayid Sahiq lndramayu nomor: 03/Y-RJ/I/1997 tanggal 10 Februari berbarengan dengan itu STAI Sayid Sabiq dilengkapi dengan pendirian Jurusan/program studi berikut ini.

  1. Jurusan/Program Studi Pendidikan Agama Islam/Tarbiyah.
  2. Jurusan/Program Studi Muamalah Syariah.

Kaitan dengan perkembangan jurusan/program studi Pendidikan Agama Islam diusulkan dengan SK yayasan nomor: Al/I 2/Ist/V/1999 tanggal 27 Mei 1999. Untuk mendapat rekomendasi izin status ke Kementerian Agama direkomendasi oleh Koordinator Kopertais Wilayah II Jawa Barat,  dengan surat rekomendasi nomor: 117/Kop/II/S/2001 tanggal 29 Maret 2001. Kemudian mendapat izin operasional dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Kementerian Agama berdasarkan Surat Keputusan Nomor: E/57/2001 tanggal 4 April 2001. Kemudian beberapa tahun kemudian mendapat perpanjangan izin Program Studi dengan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama Nomor : Dj .11/570/06.

Dari tahun ke tahun STAI Sayid Sabiq terus berupaya meningkatkan kualitasnya. Sebagai realisasi dari upaya tersebut, pada tahun 2007 STAI Sayid Sabiq Prodi Pendidikan Agama Islam telah diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan dinyatakan melalui SK BAN-PT nomor: 030/BAN-PT/Ak-X/S1/XII/2007 pada tanggal 14 Desember 2007.